Berdoa dalam Roh dan Kebenaran (Bagian 1)

Hari ini Tuhan mengajar kita bagaimana untuk berdoa dengan efektif. Tolong bagikan dengan semua orang. Ada suatu cara untuk berdoa, menyentuh dan menggerakkan hati Tuhan. "Dan ketika Yeshua melihat dia menangis dan orang-orang Yahudi itu yang datang bersama-sama dengan dia menangis, Dia tergerak dengan kuat dalam rohNya dan jiwaNya tergerak"(Yoh 11:33, terjemahan bebas dari Alkitab Aramaic dalam bahasa Inggris).


Teman yang terkasih, Tuhan bisa tergerak. Kamu punya kuasa untuk menggerakkan Dia dengan kata-katamu dan doamu. "Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran." (Yoh 3:24) Meskipun ayat ini berbicara tentang penyembahan, doa sama juga. Allah itu Roh, untuk berdoa kepadaNya secara efektif, kamu harus berdoa dalam roh dan kebenaran. Ketika kamu berdoa, berdoalah dari hatimu dengan sungguh-sungguh. Kamu berdoa kepada Yesus yang benar-benar ada, jadi jangan pura-pura tetapi benar-benar.


Beritahu Dia bagaimana perasaanmu. Beritahu Dia apa yang ada di hatimu. Biarlah doa itu benar-benar menjadi percakapan, jangan mengoceh seperti penyembah-penyembah berhala, jangan omong kosong seperti orang yang tidak mengenal Tuhan, tetapi jujurlah.


Ada beberapa hal yang Tuhan bagikan kepada saya akhir minggu ini untuk menolong membangkitkan doamu dan menjadikannya nyata:


1. Sadarlah akan kehadiranNya yang nyata


Ketika kamu berlutut untuk berdoa, Tuhan mau kamu tahu bahwa Dia datang dan paling sering, Dia berdiri tepat di depan kamu, tidak berkilo-kilo meter jauhnya tetapi hanya beberapa centimeter darimu. Dia datang karena kamu memanggil namaNya. Dia datang karena Dia mengasihimu. Tidak pernah Dia tidak datang untuk kamu, ketika kamu sungguh-sungguh ingin berbicara dengan Tuhan Yesus.


Karena Dia ada tepat di sisimu, berdoalah seperti kamu dilihat oleh Tuhan. Berdoalah seperti bersama teman. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan (Mazmur 145:18)


2. Pikirkan Dia seperti Dia ada di sisimu


karena dia benar-benar ada di sisimu, lebih nyata dan dekat dari orang-orang yang secara fisik berdoa di sisimu. Dia lebih dekat padamu daripada siapapun. Karena itu, fokuslah padaNya. Pikirkan tentang Dia. Ketika kamu mulai berpikir tentang Dia, dalam waktu singkat, suasana akan berubah. Kamu akan semakin dekat kepadaNya. Biarlah pikiran tentang Tuhan membanjiri jiwamu. Jangan berdoa seperti Dia tidak ada di ruangan. Pikirkan tentang Dia sebagaimana kamu tahu bahwa Dia tidak berjuta-juta kilometer jauhnya, tetapi Dia ada tepat di sisimu.


3. Jadikan doa percakapan yang sebenarnya


Doa bisa menjadi omong kosong dengan sangat mudah, yaitu kalau kita berbicara terus menerus, padahal pikiran kita ada di tempat lain. Karena Tuhan hadir, jadikanlah doa sebuah percakapan yang sebenarnya. Berdoalah dalam bahasa roh atau bahasa lidah sambil memikirkan Dia dan bercakap-cakap dengan Dia. Teruskan berdoa dalam bahasa roh sambil terus bercakap-cakap dengan Dia. Kamu bisa tanya Dia, "Tuhan, apakah yang ada di hatiMu hari ini? Tuhan, bagaimana perasaanMu hari ini? Tuhan, bagaimana aku bisa menolong ini dan itu?" Bercakap-cakaplah, kamu akan takjub bagaimana hubunganmu dengan Tuhan akan tumbuh hanya dengan bercakap-cakap bersama Dia.


4. Bayangkan Dia


Gunakan imaginasimu. Ketika kamu berdoa, bayangkan bagaimana rupaNya. Bayangkan pakaian yang Dia kenakan, bentuk wajahNya, dll. Ketika kamu melakukannya, jiwamu akan mulai melonjak kepadaNya. Walaupun Tuhan hadir, roh kita bisa jauh dariNya. "Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku" (Matius 15:8) Jadi melonjaklah lebih tinggi, raihlah ketinggian baru. Mendekatlah kepadaNya lebih dari sebelumnya.


5. Rasakan Dia


Ketika kita berdoa dengan mata tertutup, kita bisa tahu kalau ada orang di sebelah kanan atau kiri kita. Belajarlah untuk merasakan Tuhan yang ada di sisimu. Tidak hanya Tuhan ada di sisimu, tetapi Dia menyentuhmu. Dia menyentuh keningmu dan memberkatimu. Kadang-kadang Dia membelai rambutmu, etc. Waktu kamu menangis, Dia memegangmu dan Dia tidak melepaskanmu sampai kamu memutuskan untuk pergi.


Pesan: Hal-hal ini tidak bisa bekerja untuk orang yang tinggal di dalam dosa dan penipuan iblis. Supaya kamu bisa melakukan hal-hal ini, kamu harus bertobat dari dosa-dosamu. Hari ini Tuhan telah mengajar kamu bagaimana berdoa. Lakukanlah itu, ajarkan dan bagikan dengan semua orang.



13 tampilan
Blazing Holy Fire Indonesia

Hubungi Kami

©2023 by Blazing Holy Fire Indonesia. 

  • Blazing Holy Fire Youtube
  • Blazing Holy Fire Indonesia Facebook